Facebook Twitter RSS
banner

Konfigurasi DNS di debian server

DNS atau Domain Name System, adalah sebuah server yang berfungsi menangani translasi penamaan host-host kedalam IP Address, begitu juga sebaliknya dalam menangani translasi dari IP Address ke Hostname/Domain. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya, bukan domainnya. Akan tetapi, manusia jauh lebih sulit dalam mengingat angka-angka dibanding dengan huruf. Contohnya saja, lebih mudah mana mengetikkan alamat ip 118.98.36.20 di browser dibandingkan dengan mengetik domain www.google.com saja? Tentunya lebih mudah mengingat yang www.google.com bukan? Untuk itulah DNS Server dibuat,dimana alamat IP akan diubah menjadi domain.

ini langkah-langkah untuk menyetting DNS di debian 

1.Kita install dahulu aplikasi bind9 dengan mengetikan apt-get install bind9 -y
2.Kita masuk ke direktori bind /etc/bind/
3.Kemudian kita copy db.local menjadi db.domain untuk kita konfigurasi nanti. Tujuan kita mengcopy file ini adalah untuk berjaga-jaga ketika ada kesalahan saat sedang mengkofigurasi file.
4.Kita copy lagi db.255 menjadi db.ip. Tujuanya sama seperti diatas.

5.Selanjutnya kita konfigurasi file db.domain yang telah kita copy tadi dengan mengetikan nano db.domain

6.Akan muncul skrip seperti di bawah ini,
kita ubah localhost menjadi nama domain kita,dan ip 127.0.0.1 menjadi ip komputer server kita, seperti gambar di bawah ini,kemudian simpan.
7.Kemudian kita konfigurasi lagi db.ip dengan menetikan nano db.ip

8.Akan muncul skrip seperti di bawah ini,
kita ubah localhost menjadi menjadi nama domain kita,dan tambahkan skrip paling bawah 1 IN PTR riko.net seperti gambar dibawah ini
9.Setelah itu kita konfigurasi file named.conf.default-zones
10.Akan muncul skrip seperti di bawah ini,
kita ubah nama localhost dalam tanda petik menjadi nama domain kita,ubah db.local menjadi db.domain,ubah 127 dalam tanda petik menjadi network id ip kita tapi di balik,dan yang terakhir ubah db.127 menjadi db.ip.(lihat gambar di bawah ini)
11.Kemudian kita restart bind9 dengan mengetikan service bind9 restart


12.Kita cek di Debian konfigurasi tadi dengan mengetikan nslookup riko.net akan muncul tampilan seperti dibawah jika berhasil. Kegunaan Nslookup adalah untuk mengecek konfigurasi DNS apakah sudah berhasil atau tidak.

13.Kita cek di client,jika berhasil akan muncul tampilan seperti di bawah ini
Nah itu tadi konfigurasi DNS di debian server 7 
selamat mencoba teman-teman

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar: